Buat lo yang aktif olahraga, kapan terakhir lo ngerasa kalau performance lo nggak sesuai ekspektasi? Pasti lo pernah nanyain ini, nggak peduli lo lagi ada di level beginner/intermediate/advanced.
Dalam dunia olahraga, kondisi fisik itu perlu, tapi apa cara paling ampuh biar lo dapetin “fit” itu? Konsisten latihan, tidur/istirahat cukup, dan asupan makan jadi 3 kunci yang nggak boleh terlewatkan. Ngomongin tentang persiapan olahraga, khususnya makanan, di umur berapa lo tau pre-workout meal sama pentingnya kayak post workout meal?
Pre-workout Meal
Makanan pre-workout terbaik itu minimal memenuhi 3 syarat ini, misalnya mudah dicerna, mengandung karbohidrat dan protein. Contohnya: oatmeal + buah, greek yogurt + buah, atau cukup makan buah-buahan seperti smoothies. Kalo lo berencana buat makan berat, sebaiknya atur waktu makan 2-3 jam sebelum olahraga. Sebaliknya, kalau mau makan yang ringan aja, lo bisa makan 30-60 menit sebelum gas. Biar makanan terserap efektif, sebaiknya hindari makanan pedas, terlalu banyak serat dan super manis.
Post Workout Meal
Setelah olahraga, badan lo langsung membangun dan memperbaiki bagian otot yang dipakai saat lo olahraga dan istilah ini dikenal dengan nama “anabolic window,” sehingga lo butuh nutrisi untuk melengkapi proses ini 30-60 menit setelah olahraga. Bentuk nutrisi yang lo perlukan sama seperti pre-workout, protein dan karbohidrat.
Gimana, nggak ribet kan nyiapin pre-workout dan post workout meal? Nah, yang lebih penting lagi, siapin Posh Roll-On juga sebelum olahraga biar no bau badan seharian.
#ExploreMaksimal